Warisan Budaya Sarung Tenun Dari Berbagai Daerah

Sarung tenun merupakan salah satu produk dari negara kita yang dihasilkan dari beberapa daerah. Setiap daerah dalam membuat sarung ini berbeda-beda motif antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Hal ini dikarenakan kebudayaan yang beragam, sehingga tenun yang dihasilkan umumnya mengikuti budaya yang ada. Adapun kain tenun yang terkenal di tanah air antara lain kain tenun Samarinda, kain tenun Bima, sarung tenun Bali, sarung sutera Bugis, sarung tenun Ulos dan lain sebagainya.

Anda sedang membaca Artikel SentraObral.com
Untuk mendapatkan harga murah grosir langsung dari pabrik silahkan hubungi kami segera di 085772215758.

Atau datang langsung ke alamat kami di Delta Sari Baru Jl.Delta Sari Raya Utara No.18 Waru Sidoarjo SURABAYA dan gabung dengan komunitas bisnis baju murah di facebook kami, untuk mendapatkan informasi update promo produk bisnis.
facebook delta grosir
Obral Baju Anak

Bicara tentang kain tenun, Indonesia sendiri memiliki lebih dari 10 kain tenun yang cara pembuatannya masih menggunakan alat tradisional alat tenun bukan mesin. Sehingga untuk mengerjakan kain tenun hingga tahap finishing dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kain tenun memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan kain sarung yang lain.

Sarung Tenun Murah

grosiran-sarung-tenunSelain dengan waktu pengerjaan yang cukup lama, sarung tenun juga menggunakan benang dengan berbagai variasi jenis dan tingkat kehalusan yang berbeda. Semakin halus kain tenun ini, maka semakin tinggi nilai rupiah yang harus kita keluarkan untuk membelinya. Selain itu, proses pewarnaan yang digunakan untuk membuat kain tenun ini juga menggunakan pewarna kain yang kuat. Sehingga kain tenun tidak mudah luntur dan warnanya awet tidak mudah pudar seperti kain sarung biasa.

Kain tenun ini memang memiliki tekstur yang agak kasar, namun ini justru menandakan bahwa sarung tenun ini adalah sarung asli. Menjadi ciri khusus dari kain tenun yang lain adalah kain ini lebih berat dari kain sarung kotak-kotak yang biasa beredar di pasaran.

Begitu melihat motif dalam kain tenun, mungkin Anda langsung bisa mengenali kain tenun yang Anda lihat berasal dari daerah mana. Karena setiap daerah memiliki ciri khusus untuk sarung tenun yang dibuatnya. Motif yang berbeda-beda ini tidak semata-mata dibuat karena seseorang menyukai motif seperti ini, namun sebenarnya masing-masing motif memiliki arti dan falsafah sendiri-sendiri.

Sarung Tenun Grosiran

Motif ini akan menjelaskan budaya dari daerah masing-masing, meskipun saat ini banyak juga yang membuat kain sarung bermotif yang keluar dari budaya daerahnya. Anda bisa menanyakan pada si pembuat sarung jika Anda membelinya, karena jika Anda tahu masing-masing motif ini memiliki cerita yang unik. Anda bahkan bisa melihat pembuatan sarung secara langsung, dan mendengarkan betapa berisiknya alat tenun bukan mesin yang menjadi alat untuk membuat.

Sarung tenun yang merupakan ciri khas dari berbagai daerah di Indonesia ini saat ini tidak hanya orang Indonesia saja yang menggunakannya. Namun bahkan banyak sekali orang luar negeri yang tertarik untuk memilikinya. Karena unsur tradisional yang masih kental bisa kita lihat pada motif dan cara pembuatan yang masih manual. Untuk membuat sarung tenun dengan menggunakan mesin tentu saja memiliki hasil yang jauh berbeda dengan hasil yang didapatkan jika dibuat dengan menggunakan alat tenun manual.

Namun demikian, di sinilah unsur seni tinggi dari budaya kita, dan kita harus bangga dengan adanya sarung tenun yang kini menjadi ciri dari beberapa daerah dan bahkan negara kita. Kain tenun yang dibuat dengan menggunakan benang berkualitas tinggi tentu akan menghasilkan kain yang tidak luntur, halus, dan tidak mudah kusut saat digunakan. Selain itu, kain tenun memiliki bobot yang lebih berat namun tetap nyaman saat digunakan. Karena motif yang indah dan keawetannya maka Anda bisa menggunakan sarung tenun dalam berbagai acara.

Sentra Obral